Selasa, 25 Desember 2007

RESEP-RESEP CINTA

RESEP-RESEP CINTA

Kata orangtua jaman dulu sih, cinta tumbuh dari perut. Artinya cinta bisa tumbuh dari makanan yang disajikan. Duluuuuu....saya tidak percaya dengan jargon seperti itu. Dalam pikiran saya, itu hanya akal-akalan ibu dan eyang saya agar si Manis Centil ini mau belajar memasak, setidaknya mau masuk ke dapur...he he he...

Namun sejalan dengan bergulirnya waktu, saya pun mulai merasakan bahwa memang ada hubungannya antara 'urusan perut' dan 'urusan cinta'. Paling tidak, perut ada hubungannya dengan perasaan. Minimal perasaan kangen ! Entah bagaimana prosesnya di dalam diri ini, banyak makanan yang pernah kita rasakan dan nikmati, yang sangat kuat nuansa psikologisnya. Baik nuansa yang menyenangkan sehingga menimbulkan rasa kangen, maupun nuansa yang kurang menyenangkan sehingga ingin dihindari.

Saya sendiri sebetulnya bukan tergolong orang yang 'doyan makan'. Tapi kalau saya sudah doyan dengan satu jenis makanan, maka ujung-ujungnya saya bukan doyan lagi tapi cinta berat alias mania ! Keadaan ini sering kali tidak menguntungkan saya, karena bukan lagi sekedar menikmati, tapi tak jarang saya jadi 'mabok berat' gara-gara kebanyakan menyantap makanan kesukaan saya tadi. Makanya, saya beberapa kali mengalami tragedi dengan urusan makanan. Diantaranya, saya pernah 'mabok' makan sup kacang merah. 'Mabok tempe', 'mabok tumis tauge' dan sebagainya. Nggak mutu memang...tapi itulah...kerakusan yang menimbulkan penderitaan. Dan konyolnya, kejadian itu tidak sekali terjadi...tapi berulang kali...he he he...

Namun semua pengalaman 'konyol' masa lalu itu, dan pengalaman indah selanjutnya menjadikan saya kaya ilmu...paling tidak, ya ilmu memasak makanan kesukaan sendiri. Demi memuaskan lidah dan perut inilah akhirnya saya berjuang untuk dapat masuk ke dapur dan menaklukkannya...hmmm...

Jadi kalau dibilang bahwa memasak adalah naluri alamiah seorang wanita, saya perlu mempertanyakannya juga. Barangkali bukan naluri, tapi perjuangan...karena di rumah saya justru kaum lelakilah yang 'jago' masak...Ayah saya dan kedua adik laki-laki saya merupakan juru masak handal...kalau saja mereka mau terjun ke dapur...Mereka bertigalah terutama yang menjadi guru saya dalam urusan masak memasak. Dengan tips-tips sederhana dan masuk akal, mereka 'mengajar' saya untuk memasak yang sesuai dengan selera lidah.

Di sini nanti saya akan menuliskan beberapa resep favorit keluarga saya, yang belum tentu cocok dengan pakem juru masak dan buku resep. Resep andalan kami ini adalah resep eksperimen dan eksperiens...alias berdasarkan pengalaman. Dan yang jelas, semua resep di sini sudah dilumuri dengan banyak cinta dan kasih sayang. Di antaranya adalah :

1. Forever love : Sup kacang merah
2. Tempe kangen : tempe goreng , plus sambel yang diramu dari cabe dan bawang yang digoreng.
3. Simple present egg : alias orak arik telur plus kol dan wortel...plus jamur or kepiting...
4. Family Lover : Kweetiaw goreng ala Medan dengan tauge
5. Pastel tutup ulang tahun : yang dimasak untuk hari-hari khusus
6. Makaroni aneka ria : isi jamur (again) dan wortel
7. Opor bidadari : hmmm...ini special gw bangeeeettt
8. Sleeping chicken with mint leaf : ayam yang ditumis sebentar kemudian dipanggang di dalam pinggan tahan panas (pyrex) dan ditabur daun mint..
9. Ayam sweet seventeen with yoghurt : ayam panggang or sleeping, yang diberi bumbu yoghurt dan bawang putih..
10. Experimental chicken with cocacola : hmm...pasti yummy dan lembuuuuttt...
11. Ikan panggang the first of Mey : ikan panggang dengan bumbu seadanya...ramuan saya dan sahabat saya Mey
12. Emergency chicken soup : kalau sudah putus asa dengan semua resep, maka resep ini bisa jadi andalan...sup ayam dengan wortel, jamur dan telur kocokan...hmm...
13. Semur ayam jamur : hmm...jamur again...tapi jangan salah pilih jamurnya
14. Ayam goreng pandan with sesame oil...: pasti beda sama yang di resto...ada selipan daun jeruknya...hmmm...
15. Tumis tauge pakai ebi...hmm...seru bangeeet
16. Perkedel tahu isi udang...Ini resep darurat juga...
17. Roti jala legendaris : Bukan roti biasa...tapi asyik punya deeeh...bisa dimakan pakai kare ayam or kambing, atau pakai selai nenas buatan sendiri, atau cukup disiram madu saja...
18. Kangkung ca...special my lovely Dhani
19. Semur cumi-cumi...he he he...belum pernah dengar ? Nah...ini dia...kesukaan anak saya..
20. Sup iga panggang...ini termasuk sup gawat darurat...dan dijamin asyiiiik...

Sebetulnya masih banyak yang lain...tapi untuk yang pertama...ini dulu deeeh...

Salam dari My Lovely Kitchen,

Ietje

Tidak ada komentar: