Selasa, 25 Desember 2007

BUMBU CINTA..

BUMBU CINTA..

Masakan, mau serumit apa pun bumbunya, tetapi tidak akan pernah enak rasanya kalau tidak dibubuhi GARAM..hehehe...Percaya atau tidak, bumbu utama dalam setiap masakan bukanlah bawang atau lada, tetapi sekali lagi...GARAM...Ibaratnya, tanpa garam tidak ada masakan yang enak.

Jadiiii...bagi pemula yang tidak bisa masak, jangan kuatir. Pakai saja rumus bumbu paling sederhana, dan setelah itu mantapkan dengan GARAM.

Sebelum saya 'secanggih' sekarang dalam urusan masak memasak, modal utama saya ada 3 golongan rumus bumbu masak. Nah, kalau yang ini baru asli dari ibu saya, walaupun beliau tidak secara langsung mengajarkannya kepada saya.

Masing-masing adalah :
1. Golongan bumbu masakan Indonesia, khususnya Jawa
2. Golongan bumbu masakan Cina
3. Golongan bumbu masakan Eropa

Untuk bumbu masak Sumatra atau Melayu, bisa diturunkan atau ditambahkan dari bumbu masak Indonesia ala Jawa tadi. Sedangkan untuk bumbu masak Kalimantan, Sulawesi, ya tidak akan jauh dari bumbu masak asli daerah setempat. Kurang lebih dari bumbu masak Jawa tadi.

1. Golongan bumbu masakan Indonesia, ala Jawa...
Rumus dasarnya adalah :
- Brambang (bawang merah)
- Bawang ( bawang putih)
- Laos (lengkuas)
- Salam

- Terasi ( atau bahan pencampur dengan aroma khusus)
- Gula (gula merah atau gula pasir putih)
- Asam (asam jawa, asam sunti, asam gelugur, asam belimbing wuluh)
- GARAM

Coba deh dihafalkan dengan cara berpantun, rumus dasar ini akan sangat mudah diingat.
Saya melagukan rumusan ini sambil bernyanyi :
brambang-bawang-laos-salam...trasi-gula-asam-garam.

Hampir semua masakan Indonesia, berbasis masakan Jawa seperti sayur asem, sayur lodeh, sambel goreng, opor, sayur bobor dan lain-lain rumus bumbunya seperti ini. Kita tinggal menambahkan bumbu lain, seperti kencur kalau ingin rasa yang manis dan tajam, ditambah sereh ( atau serai) untuk rasa yang lebih kuat khususnya masakan bersantan, kemiri agar lebih gurih ( juga untuk masakan bersantan), cabai (sesuai selera). Dan sekarang saya punya tambahan bahan baru , khusus untuk masakan bersantan yaitu SUSU.

Dalam hal ini utamakan menggunakan susu cair, tetapi kalau tidak ada, ya pakai susu bubuk apa saja boleh, dicairkan dan dalam keadaan hangat dicampurkan ke dalam masakan pada saat masakan hampir diangkat. Guna susu cair ini adalah untuk mengikat emulsi santan agar menjadi lebih kental dan gurih. Masakan opor, gulai, bahkan sup bisa ditambahkan susu cair sedikit.

2. Golongan bumbu masakan Cina...

Rumus dasarnya adalah :
- Bawang putih
- Jahe
- Garam
- Kecap atau saus khusus (semisal saus tiram, saus/kecap ikan)

Bumbu dasar masakan Cina, tidak jauh dari bawang putih. Kunci kelezatan masakan Cina bukan dari bumbu masaknya saja, tetapi lebih lagi adalah dari cara memasaknya. Hanya dengan bahan dasar sederhana seperti sawi atau bokcoi, masakan Cina yang dimasak cepat dengan api besar dan suhu tinggi akan menghasilkan masakan yang enak dan segar.

Tambahan bahan seperti udang, ikan, ayam, daging, jamur hanyalah untuk menambah kelezatan. Basicnya tetap rumus sederhana ini. Penambahan merica, lada putih atau lada hitam adalah variasi untuk memperkuat cita rasa masakan.

3. Golongan bumbu masakan Eropa..

Rumus dasarnya adalah :
- Bawang bombay ( atau bawang besar yang aromanya tidak tajam)
- Merica (lada putih atau lada hitam yang diimport dari Asia)
- Garam
- Minyak tumbuhan (seperti olive oil) atau lemak hewan
- Daun bumbu sesuai dengan daerah masing-masing ( bayleaf, rosmarry, oregano, dll)
- Tomat...bila disukai...

Ciri khas masakan Eropa adalah tidak terlalu tajam rasanya, apalagi dibandingkan dengan masakan Asia yang sangat 'spicy' dan full aroma.

Tambahan bahan seperti wine atau hasil fermentasi buah lokal lainnya sangat tergantung dari daerah masing-masing. Kelezatan masakan Eropa, terutama masakan keluarga adalah proses memasak yang 'lambat' atau dengan cara dipanggang di dalam oven agar bisa bertahan lama.

***

Begitu deeeh...bumbu dasar dari tiga golongan masakan yang biasanya saya pergunakan di rumah. Satu hal yang paling penting dalam urusan masak memasak adalah 'RASA PERCAYA DIRI'. Dalam urusan masak memasak tidak ada kata 'SALAH'. Semua bumbu adalah sah-sah saja adanya. Tergantung selera kita, dan tergantung rumus GARAM-nya. Itu saja.

Oke teman dan sahabat semua...Selamat memulai untuk memasak...
Oya...satu hal lagi...Memasaklah dengan CINTA...dengan sepenuh HATI...maka masakan kita akan menjadi masakan terlezat di dunia...

Salam sayang dari My Lovely Kitchen,

Ietje

Tidak ada komentar: